RPP Biologi SMA Kelas XI Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan Kurikulum 2013 Edisi Revisi

RPP Biologi SMA Kelas XI Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan Kurikulum 2013 
RPP Biologi SMA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                        Nomor                           : 3
Kelas / Semester            : XI / 1
Materi Pembelajaran     : Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan
Alokasi Waktu              : 8 X 45 menit
Jumlah Pertemuan         : 2 kali

Kompetensi Inti (KI)  :
1.      Menghayati dan  mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong), kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar (KD) yang diintegrasikan pada semua proses pembelajaran:
1.1.      Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
1.2.      Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3.      Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1.      Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2.      Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.



A.    Kompetensi Dasar (KD)
1.4  Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur  sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan berdsarkan hasil pengamatan.       

1.4  Menyajikan data tentang struktur anatomi jaringan pada hewan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada hewan terhadap bioproses yang berlangsung pada hewan.

B.     Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.4.1        Menganalisis berbagai bentuk dan struktur sel penyusun jaringan epitel.
1.4.2        Mendeskripsikan berbagai macam jaringan ikat dalam tubuh hewan/manusia.
1.4.3        Membedakan jaringan otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
1.4.4        Menjelaskan ciri-ciri jaringan saraf.
1.4.5        Mengaitkan struktur jaringan dengan letak dan fungsinya dalam tubuh hewan/manusia.
1.4.6        Memerinci organ-organ penyusun sistem organ pada tubuh manusia.
1.4.7        Menjelaskan stem cell (sel punca).
1.4.8        Mengemukakan abnormalitas sel-sel pada penyakit tumor/kanker, dan penyebabnya.

1.4.1        Mengidentifikasi berbagai macam jaringan penyusun organ tubuh hewan melalui pengamatan gambar.
1.4.2        Menseketsa gambar berbagai macam jaringan hewan dari hasil pengamatan mikroskopis.
1.4.3        Melaporkan secara tertulis hasil pengamatan mikroskopis tentang struktur berbagai jaringan pada  hewan/manusia.

C.    Tujuan Pembelajaran
Sikap:
1.         Siswa dapat mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi jaringan, organ penyusun sistem organ pada tubuh hewan/manusia.
2.         Siswa dapat menunjukkan perubahan perilaku  ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, bekerjasama, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan atau eksperimen tentang struktur dan fungsi jaringan hewan.

Pengetahuan:
1.         Siswa dapat menganalisis berbagai bentuk dan struktur sel penyusun jaringan epitel.
2.         Siswa dapat mendeskripsikan berbagai macam jaringan ikat dalam tubuh hewan/manusia.
3.         Siswa dapat membedakan jaringan otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
4.         Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri jaringan saraf.
5.         Siswa dapat mengaitkan struktur jaringan dengan letak dan fungsinya dalam tubuh hewan/manusia.
6.         Siswa dapat memerinci organ-organ penyusun sistem organ pada tubuh manusia.
7.         Siswa dapat menjelaskan stem cell (sel punca).
8.         Siswa dapat mengemukakan abnormalitas sel-sel pada penyakit tumor/kanker, dan penyebabnya.

Ketrampilan:
1.      Siswa dapat mengidentifikasi berbagai macam jaringan penyusun organ tubuh hewan melalui pengamatan gambar.
2.      Siswa dapat menseketsa gambar berbagai macam jaringan hewan dari hasil pengamatan mikroskopis.
3.      Siswa dapat melaporkan secara tertulis hasil pengamatan mikroskopis tentang struktur berbagai jaringan pada  hewan/manusia.


D.   Materi Pembelajaran
1.      Materi Fakta: Hewan merupakan organisme multiseluler (terdiri atas banyak sel). Sel-sel tersebut membentuk jaringan, beberapa jaringan akan membentuk organ, dan beberapa organ akan membentuk sistem organ.

Suatu organ terdiri atas jaringan, dan jaringan terdiri atas sel-sel

2.      Materi Konsep
·         Jaringan tubuh hewan vertebrata dapat dibedakan menjadi empat jaringan dasar, yaitu jaringan epitel, jaringan ikat (jaringan penyambung), jaringan otot, dan jaringan saraf.
·         Berdasarkan bentuk sel, jaringan epitel dapat dibedakan, yaitu jaringan epitel pipih (gepeng), kubus, silindris, transisional, dan kelenjar.
·         Jaringan ikat tersusun dari bahan intersel (matriks) dan sel-sel penyusun jaringan ikat.
·         Sel-sel yang terdapat pada jaringan ikat, yaitu fibroblas, makrofag (histiosit), sel lemak (sel adiposa), Mast cell (sel tiang), sel plasma, sel pigmen, leukosit (sel darah putih), dan sel mesenkim.
·         Jaringan ikat dapat dibedakan tiga jenis, yaitu: jaringan ikat sejati, jaringan ikat cair, dan jaringan ikat penyokong.
·         Terdapat tiga macam jaringan otot, yaitu: otot polos, otot rangka (otot lurik), dan otot jantung.
·         Jaringan saraf tersusun oleh sel saraf (neuron) dan sel penyokong (neuroglia).
·         Organ merupakan sekumpulan beberapa macam jaringan yang melakukan fungsi tertentu.
·         Berdasarkan letaknya pada tubuh, organ dibedakan dua kelompok, yaitu organ luar (misalnya: mata, telinga, mulut, hidung, kulit) dan organ dalam (misalnya: paru-paru, jantung, lambung, usus, ginjal). Lambung merupakan contoh organ, tersusun dari beberapa jaringan, yaitu: jaringan epitel, jaringan otot polos, jaringan darah, jaringan saraf, jaringan ikat, dan jaringan limfe.
·         Sistem organ merupakan gabungan dari beberapa organ yang melakukan fungsi tertentu. Sistem organ pada tubuh manusia, yaitu sistem gerak, sistem sirkulasi (sistem peredaran darah dan sistem limfatik), sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem ekskresi, sistem koordinasi (sistem hormon, sistem saraf, sistem indera), dan sistem reproduksi (sistem reproduksi pada laki-laki dan sistem reproduksi pada wanita). 
·         Stem Cell (sel punca), adalah sel yang menjadi awal mula dari pertumbuhan sel lain yang menyusun keseluruhan tubuh organisme.
·         Berdasarkan tingkat maturasi, stem cell dibedakan dua jenis, yaitu stem cell embrionik (embryonic stem cell) dan stem cell dewasa (adult stem cell).
·         Stem cell dalam aplikasi klinis, dipercaya dapat menjadi solusi penyakit degeneratif, yaitu kerusakan sel-sel dalam jaringan atau organ.
·         Tumor adalah benjolan atau pembengkakan akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tumbuh tidak terkontrol.
·         Berdasarkan pertumbuhannya, tumor dapat dibedakan dua jenis, yaitu  tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor). Tumor yang bersifat ganas disebut kanker.
·         Faktor penyebab tumor/kanker, yaitu keturunan (genetik), lingkungan, makanan yang mengandung bahan kimia, virus, infeksi, gangguan keseimbangan hormonal, kejiwaan dan emosional, serta radikal bebas.

3.      Materi Prinsip
·         Tubuh manusia memiliki beberapa sistem organ. Sistem organ tersusun atas beberapa macam organ, dan organ tersusun atas beberapa macam jaringan yang berbeda-beda.

4.      Materi Prosedural
·         Pengamatan struktur jaringan pada hewan/manusia.

  1. Metode Pembelajaran
·         Presentasi siswa
·         Diskusi kelas
·         Praktikum
·         Kuis

  1. Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan ke-1

No
Kegiatan Belajar
Waktu
(menit)
1
Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·         Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·         Apersepsi: Menggali pengetahuan siswa bahwa hewan merupakan organisme multiseluler yang tersusun atas banyak sel. Bagaimanakah sel-sel tersebut membentuk suatu jaringan?
·         Memotivasi: Guru menyampaikan bahwa organ-organ pada hewan/ manusia tersusun atas beberapa jenis jaringan. Jenis jaringan apakah yang terdapat pada hewan/ manusia?
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

15
2
Kegiatan inti
a.      Mengamati
·         Guru mengajak murid untuk mengamati gambar anatomi kulit yang tersusun atas beberapa macam jaringan.

b.      Menanya
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanya berkaitan dengan gambar anatomi kulit, misalnya: jaringan apakah yang menyusun kulit? Apakah fungsi dari jaringan-jaringan yang menyusun kulit?
·         Siswa yang lainnya dapat mencoba memberikan jawaban/hasil analisa sementara.

c.       Mengumpulkan data/ melakukan pengamatan berbagai macam jaringan pada hewan/ manusia dengan menggunakan preparat kering dan mikroskop (halaman 114 – 115).
·         Guru mengajak siswa untuk mempersiapkan alat-alat praktik.
·         Siswa mempelajari cara kerja praktikum dan diberi kesempatan untuk menanya bila tidak paham.
·         Guru memberikan penjelasan untuk mempertegas cara kerja praktikum yang benar.
·         Siswa secara berkelompok mengamati secara cermat dan teliti berbagai macam jaringan pada hewan/ manusia, seperti lemak, epitel, darah, otot, tulang keras, tulang rawan, dan lain-lain.
·         Siswa menggambar objek hasil pengamatan.

d.      Mengasosiasikan
·         Siswa bekerja dengan teman sekelompoknya untuk menganalisis dan mendiskusikan hasil pengamatannya, seperti membandingkan struktur dari berbagai macam jaringan hewan/ manusia.
·         Siswa menganalisis jenis jaringan yang menyusun suatu organ.
·         Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan praktikum.

e.      Mengomunikasikan
·         Diskusi kelas, setiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya.
·         Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat hasil pengamatan siswa.
·         Guru memberikan tambahan informasi berkaitan dengan perbedaan struktur dan fungsi berbagai macam jaringan pada hewan/ manusia; jenis jaringan tertentu yang menyusun suatu organ hewan/ manusia.

150
3
Penutup
·            Resume: Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan tentang jenis jaringan yang terdapat pada organ tertentu. Misalnya organ kulit tersusun atas jaringan epitel, darah, lemak, dan jaringan ikat.
·            Refleksi: Memberikan pertanyaan berkaitan dengan jaringan-jaringan yang menyusun suatu organ pada hewan/ manusia.
·            Tindak lanjut: Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan resmi tertulis lengkap dengan gambar.
·            Rencana pembelajaran selanjutnya: Organ-organ penyusun sistem organ pada hewan/manusia; Sel Punca (Stem Cell), Tumor dan Kanker (halaman 115 – 125).

15

2.      Pertemuan ke-2

No
Kegiatan Belajar
Waktu
(menit)
1
Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·         Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·         Apersepsi: Menggali pengetahuan siswa tentang jenis organ yang terdapat dalam tubuh manusia. ”Organ-organ apakah yang terdapat dalam tubuh kita dan apakah fungsinya masing-masing?”
·         Memotivasi: Guru menyampaikan bahwa beberapa organ akan bekerja sama membentuk suatu sistem organ. Sistem organ apa saja yang terdapat dalam tubuh hewan/ manusia?
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

15
2
Kegiatan inti
a.      Mengamati
·         Guru mengajak murid untuk mengamati torso tubuh manusia.

b.      Menanya
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanya berkaitan dengan organ-organ penyusun sistem organ, misalnya: Organ-organ apakah yang menyusun sistem peredaran darah, sistem reproduksi wanita, atau sistem koordinasi?
·         Siswa yang lainnya dapat mencoba memberikan jawaban/hasil analisa sementara.

c.       Mengumpulkan data/ Eksplorasi
·         Siswa duduk secara berkelompok (3 – 5 siswa) diberikan tugas melakukan kajian literatur/ browsing di internet sesuai dengan subtopik yang diberikan oleh guru, yaitu tentang organ dan sistem organ pada manusia (halaman 115 – 118); sel punca atau stem cell (halaman 119 – 122); tumor dan kanker (halaman 122 – 124).

d.      Mengasosiasikan
·         Diskusi dalam kelompok untuk menganalisis tentang organ dan sistem organ pada manusia; sel punca atau stem cell; tumor dan kanker.
·         Masing-masing kelompok menyiapkan bahan presentasi sesuai dengan subtopik yang diberikan guru dilengkapi dengan soal-soal kuis.

e.      Mengomunikasikan
·         Diskusi kelas, setiap kelompok mempresentasikan hasil pembahasan tentang organ dan sistem organ pada manusia; sel punca atau stem cell; tumor dan kanker.
·         Setelah presentasi, setiap kelompok membacakan soal-soal kuis untuk dijawab oleh siswa dan langsung diberikan nilai oleh kelompok penyaji presentasi (penilaian teman sejawat).
·         Guru memberikan tambahan informasi.
·         Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat tentang organ dan sistem organ pada manusia; sel punca atau stem cell; tumor dan kanker.
·         Guru bersama siswa menyepakati hasil pengembangan materi.

150
3
Penutup
·         Resume: Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan tentang organ dan sistem organ pada manusia; sel punca atau stem cell; tumor dan kanker.
·         Refleksi: Memberikan pertanyaan berkaitan dengan organ dan sistem organ pada manusia; sel punca atau stem cell; tumor dan kanker.
·         Tindak lanjut: Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal uji kompetensi (halaman 126 – 131).
·         Rencana pembelajaran selanjutnya: Bab 4 Sistem Gerak (halaman 132); praktikum pengamatan struktur tulang keras.

15

  1. Sumber Belajar/Bahan Ajar/Alat
1.      Sumber belajar:
Buku teks Biologi SMA/MA kelas XI, Penyusun Irnaningtyas. Penerbit Erlangga, Jakarta. Program peminatan kelompok Matematika dan Ilmu-ilmu Alam (MIA), Bab 3.

2.      Bahan ajar:
·         Bahan presentasi dan gambar struktur dan fungsi jaringan hewan.
·         Bahan praktikum: - .

3.      Alat:
-    Komputer/LCD, VCD/CD player.
-    Mikroskop, kertas tisu, kamera, preparat kering (berbagai jaringan hewan/manusia).

H.    Penilaian
1.      Pengetahuan
a.       Hasil jawaban latihan soal-soal (PR).
b.      Ulangan harian.
Contoh soal:   
·      Di manakah dapat ditemukan jaringan darah?
·      Sebutkan jenis jaringan yang terdapat pada usus halus.
·      Sebutkan organ-organ penyusun sistem ekskresi.
·      Apa yang dimaksud dengan stem cell?
·      Jelaskan penyebab tumor/kanker.

2.      Ketrampilan:
·         Praktik di laboratorium: Pengamatan struktur dan fungsi jaringan hewan.
·         Presentasi.

3.      Sikap:
·         Pengamatan sikap dan perilaku pada saat belajar di dalam ruang kelas dan praktikum di laboratorium.

INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN PRESENTASI


Aspek penilaian   : Ketrampilan dan Sikap
Judul kegiatan     : Presentasi kelompok tentang jenis, struktur jaringan hewan/ manusia dan fungsinya; organ dan sistem organ pada hewan/ manusia; sel punca atau stem cell; tumor dan kanker.
Tanggal Penilaian:
Kelas                      :
                                                 
No
Kelompok
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor

Nilai
Materi presentasi
Kerja sama dalam kelompok
Keaktifan
Ketrampilan dalam mengemukakan pendapat
1








2








3









INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN PRAKTIK

Indikator                          :
1.      Mengidentifikasi berbagai macam jaringan penyusun organ tubuh hewan melalui pengamatan gambar.
2.      Menseketsa gambar berbagai macam jaringan hewan dari hasil pengamatan mikroskopis.
3.      Melaporkan secara tertulis hasil pengamatan mikroskopis tentang struktur berbagai jaringan pada hewan/manusia.

Aspek penilaian         : Ketrampilan
Judul kegiatan           : Pengamatan struktur jaringan pada hewan.
Tanggal Penilaian     :
Kelas                           :
                                           
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor

Nilai
Persiapan alat dan bahan
Kesesuaian pelaksanaan dengan cara kerja
Kontribusi dalam teman kelompok
Laporan praktikum (pengamatan struktur jaringan pada hewan)
1







2







3








INSTRUMEN PENILAIAN  SIKAP
Materi               Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan
Kelas/Semester: 
Hari/Tanggal  

No
Nama
Disiplin
Kerjasama
Kejujuran
Kepedulian
Tanggung
jawab
Skor
Nilai
1








2








3









Mengetahui,          

0 Response to "RPP Biologi SMA Kelas XI Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan Kurikulum 2013 Edisi Revisi"