Program Semester Biologi Kelas XI SMA Semester Genap

Program Semester Biologi Kelas XI SMA Semester Genap
Program Semester Kelas XI SMA




PROGRAM SEMESTER

Mata pelajaran  : Biologi

Kelas/ Program : XI-MIA/XI-IIS

Kelas/ Program : XI-MIA/XI-IIS

Semester          : 2

Tahun Pelajaran:

No
KOMPETENSI DASAR
Alokasi
Diberikan pada bulan / minggu
Waktu
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
Jam Pelj.
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
3,7
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
12 X 45'
4
4
4






















4,7
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan gangguan sistem pencernaan manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.





















ULANGAN HARIAN KE-1
2 X 45'



2















3,8
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pernapasan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem respirasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
8 X 45'



2
4
2













4,8
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan organ pernapasan/respirasi  yang menyebabkan gangguan sistem respirasi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.




















4,9
Merencanakan dan melaksanakan pengamatan pengaruh pencemaran udara dan mengolah informasi beberapa resiko negatif merokok pada remaja untuk menentukan keputusan.










































3,9
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dan mengaitkannya dengan proses ekskresi sehingga dapat menjelaskan mekanisme serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem ekskresi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
8 X 45'





2
4
2











4,10
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem ekskresi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.





















ULANGAN HARIAN KE-2
2 X 45'







2

































3,10
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
12 X 45'








4
4
4








3,11
Mengevaluasi pemahaman diri tentang bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat.




















4,11
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi saraf dan hormon pada sistem koordinasi yang disebabkan oleh senyawa psikotropika yang menyebabkan gangguan sistem koordinasi manusia dan melakukan kampanye anti narkoba pada berbagai media.




















4,12
Melakukan kampanye antinarkoba melalui berbagai bentuk media komunikasi baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.





















ULANGAN HARIAN KE-3
2 X 45'











2







3,12
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam proses reproduksi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
12 X 45'











2
4
4
2




3,13
Menerapkan pemahaman tentang prinsip reproduksi manusia untuk menanggulangi pertambahan penduduk  melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup SDM melaui pemberian ASI ekslusif.




















4,13
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem reproduksi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.




















4,14
Memecahkan masalah kepadatan penduduk dengan menerapkan prinsip reproduksi manusia.




















4,15
Merencanakan dan melakukan kampanye tentang upaya penanggulangan pertambahan penduduk dan peningkatan kualitas SDM melalui program keluarga berencana (KB) dan pemberian ASI ekslusif dalam bentuk poster dan spanduk.





















ULANGAN HARIAN KE-4
2 X 45'














2




3,14
Mengaplikasikan pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem imun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program immunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh.
8 X 45'















4
4


4,16
Menyajikan data jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif) dan jenis penyakit yang dikendalikannya.






















Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                     ...... , ........





Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                               Guru Biologi

0 Response to "Program Semester Biologi Kelas XI SMA Semester Genap"