RPP Kelas VI SD Tema Globalisasi dan Cinta Tanah Air Kurikulum 2013 Pertemuan 1

RPP Kelas VI SD Tema Globalisasi dan Cinta Tanah Air Kurikulum 2013 Pertemuan 1
RPP K13





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan              :  
Kelas / Semester                  :  VI (Enam) / 1
Tema 4                                    :  Globalisasi
Sub Tema 3                           :   Globalisasi dan Cinta Tanah Air
Pembelajaran                        :  1
Alokasi Waktu                       :   1 x Pertemuan (6 x 35 menit)



A.   KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1    :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3    :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4    :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.1    Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2    Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2    Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energy listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1   Menemukan informasi tentang peran hantaran listrik di era global.
4.2    Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energy listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1      Menyajikan teks eksplanasi ilmiah tentang peran hantaran listrik di era global.
IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.1    Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energy listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1      Mengidentifikasi sikap hidup hemat listrik di era global.
4.3    Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
4.3.1 Mencanangkan sikap hidup hemat listrik di era global.

IPS
1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik.
1.3    Menghargai karunia dan rahmatTuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.2    Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
3.1    Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
3.1.1      Menemukan perubahan kehidupan masyarakat di era global.
4.1    Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita, tulisan atau media lainnya.
4.1.1      Menentukan perilaku ideal dalam menyikapi arus globalisasi dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡   Dengan membaca dan diskusi, siswa mampu menemukan perubahan kehidupan masyarakat di era global dengan kepedulian yang tinggi.
¡   Dengan membaca dan diskusi, siswa mampu menentukan perilaku ideal dalam menyikapi arus globalisasi dalam kehidupan masyarakat Indonesia, dengan kepedulian yang tinggi.
¡   Dengan membaca dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi sikap hidup hemat listrik di era global, dengan kepedulian yang tinggi.
¡   Dengan membaca dan diskusi, siswa mampu mencanangkan sikap hidup hemat listrik di era global, dengan kepedulian yang tinggi.
¡   Dengan membaca dan diskusi, siswa mampu menemukan informasi tentang peran hantaran listrik di era global, dengan kepedulian yang tinggi.
¡   Dengan membaca dan diskusi, siswa mampu menyajikan teks eksplanasi berisi himbauan sikap hidup hemat listrik di era global, dengan kepedulian yang tinggi.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡   Membaca dan menemukan informasi.
¡   Mengidentifikasi perubahan kehidupan manusia sebagai dampak globalisasi.
¡   Menyimpulkan perilaku ideal dalam menghadapi globalisasi.
¡   Merancang brosur

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah



G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (taat beribadah)
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Globalisasi”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Sebagai kegiatan pembuka, guru menuliskan kalimat “Berpikir global, bertindak lokal” di papan tulis.
¡  Berikan kesempatan pada siswa untuk memberikan komentar terhadap kalimat tersebut. (berani)
¡  Pemikiran maju dan mendunia, namun tetap bertindak sesuai dengan budaya luhur bangsa Indonesia”
¡  Siswa mengamati poster bertuliskan “Berpikir Global, Bertindak Lokal” (ketekunan)
¡  Siswa melakukan curah pendapat secara berkelompok. (komunikatif)
¡  Minta setiap siswa secara bergiliran mengajukan sedikitnya satu hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut tentang isi poster tersebut dalam bentuk  pertanyaan. Setiap pertanyaan yang diajukan kemudian ditulis pada kolom yang tersedia. (Berani)
¡  Diskusikan pertanyaan tersebut secara berkelompok. Setiap anggota kelompok diharapkan dapat berperan aktif dalam memberikan respon terhadap pertanyaan yang ada.
¡  Siswa diingatkan kembali tentang materi globalisasi yang diibaratkan seperti gelanggang pertaruhan bangsa dan umat manusia. Globalisasi sangat terasa pengaruhnya di berbagai bidang kehidupan, dan tak seorang pun dapat mengisolasi diri atau mengelak dari hal tersebut
¡  Ingatkan kembali siswa tentang bagaimana menyikapi arus globalisasi, bahwa siswa harus mampu menyaring atau memilah, mengambil hal yang positif dan meninggalkan yang negatif.
¡  Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memegang teguh nilai-nilai luhur dan akar budaya sebagai bangsa Indonesia.
¡  Siswa membaca senyap cuplikan berita dari berbagai media yang terdapat di buku. (kegiatan literasi)
¡  Siswa menuliskan pokok pikiran (ide utama) dalam teks tersebut. (percaya diri)
¡  Setelah memahami pokok pikiran, siswa menambahkan nilai-nilai yang tersirat dalam terks tersebut dan memberikan contoh-contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari, dan menyebutkan juga hal yang bisa dilakukan terkait tema.
¡  Siswa diingatkan kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya.
¡  Pola pikir dan sikap tersebut yang dimaksud dengan: “Berpikir Global, Bertindak Lokal’.
¡  Untuk mewujudkan hal tersebut, siswa akan membuat sebuah brosur untuk mengampanyekan hemat energi listrik yang akan disebarkan kepada masyarakat.
¡  Brosur tersebut berisi informasi berbagai hal tentang listrik:
-       Fakta singkat,
-       Penggunaannya dewasa ini,
-       Masalah tentang kelistrikan, dan
-       Himbauan pada masyarakat untuk memiliki sikap hemat listrik.
¡  Siswa terlebih dahulu membuat kerangka gagasan pada bagan yang tersedia.
¡  Siswa dalam kelompok kemudian mempresentasikan kerangka brosur tersebut. Siswa dari kelompok lain diharapkan saling memberi masukan yang positif. (demokratis)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡      Afriki, dkk. 2015. Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 4Globalisasi” Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
¡      Afriki, dkk. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 4Globalisasi” Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
¡            Artikel tambahan tentang perubahan kehidupan masyarakat di era global
¡            Artikel berisi informasi tentang fakta penggunaan listrik di era global.




I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.  Teknik Penilaian
a.  Penilaian Sikap: tanggung jawab, teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja

2.   Bentuk Instrumen Penilaian
a.  Penilaian sikap
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Percaya Diri
Teliti
Disiplin
1
Adit



2
Alya



3
…..



Keterangan:  1: Kurang      2 : Cukup    3 : Baik        4 : baik sekali

b.    Penilaian pengetahuan dan keterampilan muatan mapel IPS
1)    Pengetahuan
(a) Identifikasilah lima informasi manfaat tumbuhan untuk kehidupan manusia!
(b) Tuliskan suatu manfaat tumbuhan untuk hewan!
(c)  Jelaskan akibat jika tidak ada tumbuhan!
2)    Keterampilan

3. Penilaian
1.    Penilaian  tugas   IPS:   diskusi  mengidentifikasi  perilaku  ideal  dalam kehidupan masyarakat menghadapi era global.
Kriteria
Sangat  Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
P
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindah- kan.
Komunikasi non verbal  (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara).
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal  dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi
non  verbal  yang ditunjukkan teman.
P
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi
non  verbal  yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi
non  verbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran).
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung
dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama
proses diksusi berlangsung.P

2.   Penilaian tugas  integrasi IPA dan Bahasa Indonesia: brosur himbauan untuk sikap hidup hemat listrik.
Kriteria
Sangat  Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Menganalisis informasi bacaan
Siswa mampu menemukan pokok pikiran dari  tiga bacaan tentang
era global dengan tepat.
Siswa mampu menemukan pokok
pikiran dari dua bacaan tentang era global dengan tepat.
Siswa hanya mampu menemukan pokok  pikiran dari  satu bacaan tentang
era global dengan tepat.
Tidak mampu menemukan pokok pikiran.
Mengomunikasikan: Isi brosur
Rancangan brosur berisi empat hal tentang listrik:
   Fakta singkat
•Penggunaannya dewasa ini.
        Masalah tentang kelistrikan.
        Himbauan untuk hemat listrik.
Memenuhi 3 dari  4 kriteria di kolom  1.
Memenuhi 2 dari  4 kriteria di kolom  1.
Memenuhi
1 dari  4 kriteria di kolom  1.
Sikap
Siswa mengerjakan tugas dengan:
  Tekun
  Mandiri
  Percaya diri
• Selesai tepat waktu
Memenuhi 3 dari  4 kriteria di kolom  1.
Memenuhi 2 dari  4 kriteria di kolom  1.
Hanya memenuhi 1 kriteria di kolom  1.

0 Response to "RPP Kelas VI SD Tema Globalisasi dan Cinta Tanah Air Kurikulum 2013 Pertemuan 1"