Persiapan Psikotes CPNS - Tes Baum (Tree Test)


DapurSoal.com - Bagi sobat dapur soal yang berencana untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS, maka sobat harus melakukan persiapan menghadapi serangkaian tes yang terdapat dalam Seleksi Penerimaan CPNS.

Salah satu dari serangkaian tes tersebut adalah psikotes yang disebut dengan Tes Baum (Tree Test). Tes Baum atau yang lebih dikenal dengan “Tree Test” adalah tes psikologi yang dikembangkan oleh Karl Koch yang kemudian dipublikasikan pertama kali pada tahun 1959.

Dalam psikotes ini, anda sebagai peserta tes diminta untuk menggambar sebuah pohon. Perintah menggambar pohon ini bisa bervariasi. Adakalanya anda diminta menggambar pohon berbuah seperti pohon apel dan pohon mangga, pohon tanpa buah, pohon merambat, atau pohon besar, atau dapat pula sebuah pohon dengan kriteria yang diinginkan penguji.

Umumnya dalam tes ini anda diberi tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria: berkambium (dikotil), bercabang, dan berbuah. Sebaiknya anda membaca dengan seksama perintah tersebut agar tidak terlanjur menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monokotil lainnya.

Terdapat dua versi tes Baum. Pada versi pertama, peserta tes diminta menggambar pohon dengan kriteria tertentu yang ditetapkan penyelenggara tes, seperti pohon harus berkambium (dikotil), bercabang, dan berbuah. Maka peserta wajib menggambar pohon sesuai kriteria yang telah di tetapkan.

Sedangkan untuk versi kedua, peserta tes diharuskan menggambar jenis pohon berkayu namun tanpa kriteria ditetapkan oleh penyelenggara. Pada versi ini yang perlu di ingat adalah peserta harus menggambar pohon dikotil, maka jangan menggambar pohon pisang, semak belukar ataupun jenis tumbuhan monokotil yang lain.


Fungsi dari tes ini adalah untuk menilai karakter dan kepribadian seorang perserta CPNS. Para psikolog atau psikiatri yang ditunjuk kemudian akan mengevalusi aspek-aspek yang berbeda pada gambar yang sudah dibuat oleh peserta tes untuk menggali kepribadian serta karakter orang tersebut.

Diantara aspek penilaiannya adalah bentuk gambar, kelengkapan gambar, kerapian, cara menggambar, dan aspek-aspek lainnya. Secara keseluruhan terdapat 59 aspek yang akan dievaluasi pada tes ini.

Latihan
Gambarlah sebuah pohon berkayu. Tidak diperbolehkan menggambar tumbuhan monokotil. Setelah Anda selesai menggambar, tuliskan mama pohon tersebut di halaman kertas sebaliknya!
Waktu: 10 menit

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar pada Tes Baum :



Tips Mengerjakan Tes
Tips berikut ini dapat membantu anda mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk mengerjakan tes Baum.
1. Berlatih menggambar, supaya hasil lebih optimal sebaiknya anda mencari tahu jenis pohon yang anda gambar dan mempelajari karakter pohon tersebut.

2. Jangan mempercayai kemampuan dan kecepatan tangan anda, berlatihlah beberapa kali sebelum melaksanakan tes agar anda tidak grogi menghadapi tes sebenarnya.

3. Bagus atau tidaknya gambar bukan kriteria lolos tes, Tes Baum bukanlah tes kemampuan menggambar melainkan tes kepribadian. Tebal tipisnya  setiap tarikan garis pun akan dinilai secara cermat oleh psikolog. Jadi yang dapat kita lakukan adalah berlatih menggambar semirip mungkin dan menyelesaikan gambar tepat waktu.

Semoga penjelasan dan tips yang DapurSoal.com berikan dapat membantu sobat dalam mengerjakan Tes Baum sehingga dapat memperoleh hasil maksimal dalam seleksi penerimaan CPNS.

Selamat Berjuang !!
DapurSoal.com

0 comments